• SMKN 1 KASREMAN
  • Be a Leader, Global Citizen, Longlife Learner

AMBALAN DIPKA (DIPONEGORO-R.A KARTINI)

PRAMUKA SKANKA

Praja Muda Karana atau yang biasanya disingkat dengan Pramuka adalah salah satu organisasi yang bergerak dalam bidang kepemimpinan selain organisasi OSIS. Dalam organisasi ini menjurus pada pembinaan dan pengembangan generasi muda guna mempersiapkan kader penerus perjuangan bangsa dan pembangunan nasional dengan memberikan sebuah kepemimpinan, daya kreasi, patriotisme dan idealisme serta kepribadian dan budi pekerti luhur.

Oleh karena itu wadah yang paling tepat untuk menampung dasar kepemimpinan dalam hidup di lingkup sekolah salah satunya yaitu terdapat di Organisasi Pramuka.

Nah, guna membentuk karakter siswa-siswi seperti yang telah dicantumkan diatas, maka SMK Negeri 1 Kasreman mengadakan Ekstrakurikuler Pramuka yang wajib diikuti oleh siswa-siswi Kelas 10. Organisasi Pramuka yang berpangkalan di SMK Negeri 1 Kasreman ini terdapat dua satuan yang terpisah yaitu PA-PI, untuk Putra adalah Diponegoro dan Putri adalah R.A. Kartini. Biasanya Ambalan ini disingkat dengan nama Ambalan DIPKA.

Ambalan Diponegoro – R.A. Kartini dengan gudep 18.039-18.040 ini mulai berdiri pada tanggal 8 Januari 2004  dengan angkatan pertama yang pada saat itu belum disahkan oleh Kwarcab hingga pada angkatan kedua, Pramuka di SMK N 1 Kasreman ini mati atau belum ada Pradana maupun struktur Organisasi semenjak angkatan pertama. Hingga akhirnya pada angkatan ketiga yang dipimpin oleh Kak Heri Krisnanto, Ambalan Dipka telah disahkan oleh Kwarcab.

Setelah disahkannya Ambalan DIPKA ini, Pramuka yang berpangkalan di SMK Negeri 1 Kasreman telah berjalan hingga kini Angkatan ke-14 menuju angkatan ke-15. Nah, itu adalah sedikit sejarah berdirinya Ambalan DPKA dari masa ke masa.

Dengan dilandasi latar belakang sejarah berdirinya Pramuka di SKANKA yaitu Ambalan DIPKA dengan berbagai situasi yang telah dilalui, Pramuka Ambalan DIPKA dibentuk dengan tujuan :

  1.  Meningkatkan generasi penerus bangsa yang berlandaskan kepada Tuhan Yang Maha Esa sesuai dengan nilai Dasa Dharma yang pertama.
  2. Mencetak generasi bangsa yang bermoral serta berdedikasi tinggi.
  3. Menciptakan kader penerus bangsa yang penuh rasa tanggungjawab serta berkarakter.

Untuk tercapainya tujuan diatas, maka Ambalan DIPKA mengadakan berbagai kegiatan yang disesuaikan dengan kebutuhan dan perkembangan jiwa peserta didik sebagai upaya pencapaian akhir proses pembinaan yaitu pembentukan karakter. Oleh karena itu, Ambalan Diponegoro – R.A. Kartini mengadakan kegiatan yang dimulai dengan adanya Penerimaan Tamu Ambalan, Penerimaan Tamu Penegak, Hiking, Penempuhan Badge Ambalan DIPKA, beserta kegiatan lainnya. Nah, itu adalah salah satu kegiatan Pramuka yang berada di lingkup dalam sekolah, namun ada juga lingkup diluar sekolah seperti mengikuti sebuah SAKA, contohnya : Saka Dirgantara, Saka Wirakartika, Saka Bhayangkara maupun Saka Bakti Husada.

Berjalannya setiap kegiatan ini tidaklah lepas dari campur tangan Bapak maupun Ibu Guru Pembina Pramuka yaitu Bapak Widodo S.Pd selaku Pembina Utama Gudep, lalu Kak Ari Setiyawan selaku Pembina dan Pelatih Gudep, Ibu Leny Diah Pitaloka, S.Pd dan Ibu Linda Eka, S.Pd selaku Pelatih Gudep. Dan yang paling berpengaruh dalam terlaksananya serta terbentuknya Pramuka Ambalan DIPKA di SMK Negeri 1 Kasreman ini yaitu berasal dari Ibu Dra. Sri Mulyani selaku Kamabigus SMKN 1 Kasreman, tanpa beliau semua mungkin Pramuka di SKANKA tidak akan pernah ada dan apabila ada mungkin saja tidak bisa berjalan tanpa jasa beliau.

Mungkin itu saja yang bisa saya jelaskan mengenai Pramuka yang berada di SMK Negeri 1 Kasreman dalam bentuk sebuah Artikel. Apabila ada kesalahan kata maupun kalimat saya selaku penulis mohon maaf yang sebesar-besarnya. Karena artikel ini sepenuhnya belum sempurna, saya pribadi berharap bagi para pembaca mau memberikan sedikit sepatah dua kata guna dijadikan kritik maupun saran. Kurang lebihnya saya ucapkan terima kasih kepada para pembaca yang budiman. Semoga Artikel ini mampu bermanfaat untuk menambah wawasan ilmu pengetahuan yang lebih luas.

Nah, berikut ini adalah beberapa dokumentasi pada saat kegiatan Pramuka :

Lomba Pionering Tingkat Kabupaten

Pelantikan Bantara di Universitas Soeryo Ngawi

Editor : Wuri Handayani

Sumber : SQUAD_SKANKA

 

 

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
PMR WIRA SMKN 1 KASREMAN

PMR WIRA SMKN 1 KASREMAN Salam PMR Inter Arma Caritas Palang Merah Remaja adalah salah satu ekstrakulikuler favorit di SMK N 1 KASREMAN, dibentuk pada 14 maret 2011. ektrakulikuler

01/04/2019 21:44 WIB - Administrator
Kegiatan Ibu Guru Memasak

Dalam Menyambut bulan ramadan ,beberapa guru SMK Negeri 1 Kasreman sangat antusias dalam melakukan kegiatan membuat kue kering. Beberapa  guru,memulai membuat kue kering ini di mul

01/04/2019 21:44 WIB - Administrator
TAKMIR AT-TARBIYYAH SKANKA

  TAKMIR AT-TARBIYYAH   Takmir atau bisa disebut juga dengan Rohis (Rohani Islam) adalah organisasi yang bergerak dibidang keagamaan guna memperkuat serta memperdalam ajaran I

01/04/2019 21:44 WIB - Administrator
Sejarah SMKN 1 KASREMAN

  SMKN 1 KASREMAN adalah salah satu sekolah kejuruan di Kabupaten Ngawi yang berdiri sejak tahun 2004. Sekolah ini memiliki empat jurusan,yaitu Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ

01/04/2019 21:44 WIB - Administrator